Cari Blog Ini

Jumat, 23 Desember 2011

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MODEL SHALLCROSS

ABSTRAK



Nurkholila Harahap. 0702030090. Meningkatkan hasil belajar matematika dengan pembelajaran berbasis pemecahan masalah model Shallcross pada siswa MTs. Ummul Quraa Tembung T.P. 2010/2011”. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.


                 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan pembelajaran berbasis pemecahan masalah model Shallcross dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa MTs. Ummul Quraa Tembung pada pokok bahasan sudut dan garis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pembelajaran berbasis pemecahan masalah model Shallcross dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa MTs Ummul Quraa Tembung dalam pokok bahasan sudut dan garis. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisa Kualitatif yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar matematika. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan sesuai dengan kurikulum yang dicapai yang diambil dari buku matematika kelas VII MTs. Ummul Quraa Tembung. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes uraian. Dan yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VII MTs. Ummul Quraa Tembung T.P. 2010/2011 yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana setiap siklusnya mempunyai tahapan-tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa diperoleh 29,17% dan pada siklus I meningkat menjadi 54,16% pada siklus II yaitu menjadi 87,5%. Atau jika dari tingkat ketuntasan belajar maka dari tes awal diperoleh 7 orang siswa yang tuntas dan pada siklus I menjadi 13 orang siswa kemudian pada siklus II menjadi 21 orang siswa. Dan keaktifan siswa pada siklus I diperoleh 53,3%, pada siklus II diperoleh 75,8% dan mengalami peningkatan sebesar 22,5%. Hal ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan pembelajaran berbasis pemecahan masalah model Shallcross pada pokok bahasan sudut dan garis hasil belajar matematika dan keaktifan siswa mengalami peningkatan.

selengkapnya, Download Here.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More